top of page

upcoming events

Public·21 Guests
Ali Sorokin
Ali Sorokin

Kitab Bajuri Terjemahan



Mengemai malam Lailatul Qadar adalah tidak ada yang tau persis kapan terjadi ia, karena ini adalah urusan ilahiyah, satu urusan yang hanya diketahui oleh Allah subhana wata'ala, namun para ulama ada yang mempresiksi tentang kapan terjadinya Malam Lailatul Qadar, salah satunya adalah Imam Al Bajuri, tersebut dalam kitab Al-Bajuri 'ala ibi Qasim, juz I halaman 304 :




Kitab Bajuri Terjemahan


Download File: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Ftinourl.com%2F2ubeVM&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw0zTuj3REF2JrR9xgFVyoWZ



Nama al-Bajuri merupakan nama yang tak asing lagi di kalangan para pelajar Mazhab Syafii. Hal ini karena salah satu kitab fiqih yang menjadi kurikulum menengah adalah Hasyiah al-Bajuri syarah dari Matan Ghayah wa Taqrib. Di Dayah Salafiyah di Aceh khususnya, kitab ini biasanya di pelajari di pada kelas 2. Bagaimana lengkapnya profil Syeikh Ibrahim al-Bajuri ini. Untuk lebih lengkapnya simak di bawah ini.


Imam al-Bajuri mencoba menumpukan segala kemampuannya dan keahliannya untuk mensyarahkan kitab ini, dengan cara mengulas dan memutuskan mana yang tepat dan rajih dikalangan ulama Ahlussunnah, beliau juga mengisinya dengan dalil naqal dan akal, kemudian beliau juga menyebutkan perbedaan pendapat diantara `Asya`irah dan Maturidiyyah didalam sebahagian permasalahan.


Dari keempat kitab Imam Ibrahim al-Bajuri didalam ilmu tauhid dapat kita simpulkan bahwa beliau seorang ulama `Asya`irah yang kuat dan memiliki peranan dalam mengembangkan mazhab `Asyairah, keahlian beliau bukan saja didalam tauhid bahkan didalam segala disiplin ilmu agama seperti Fiqih, Tafsir, Hadis, Bayan, Mantiq, Fara`idh dan lain-lainnya.


JAKARTA, iNews.id - Salah satu kitab yang menjelaskan qurban dan cukup masyhur adalah Kitab Fathul Qorib. Hal ini penting diketahui karena sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha dan Qurban 2022.


Kitab ini disusun secara ringkas dan sistematis dan merupakan penjelasan dari kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib yang dikarang oleh Al Qadhi Abu Syuja. Kitab Fathul Qorib dijadikan sumber primer dan pegangan wajib di lembaga pendidikan Islam khususnya pesantren dan Madrasah Diniyah.


Dalam istilah ilmu fiqih, hewan qurban biasanya disebut dengan nama Al Udhiyah yang bentuk jamaknya Al Adhahi. Dalam kitab Fathul Qorib Bab Qurban, dijelaskan secara terperinci mengenai definisi, hukum, kriteria, pelaksanaan, kesunnahan, bahkan sampai soal memakan hingga menjual daging qurban.


Sebagai pengingat perlu kiranya disampaikan kembali bahwa tulisan ini adalah uraian terjemahan dari kitab Matan Taqrib dengan Nama asli dari kitab Taqrib ini adalah Kitab Matan Al-Ghayah wat Taqrib atau dikenal dengan Kitab Taqrib saja.


Ini adalah kitab fiqh paling populer di kalangan pesantren salaf. Kitab ini dipelajari hampir di seluruh pesantren salaf di Indonesia. Judul asal kitab ini adalah Matnul Ghayah wat Taqrib atau dalam teks arab dituliskan sebagai berikut:


Kitab al-Bajuri atau Hasyiyah al-Bajuri ala Ibni Qasim merupakan kitab fiqh karangan Syaikh Ibrahim al-Bajuri dengan nama lengkap Burhanuddin Abu Ishaq Ibrohim bin Muhammad bin Ahmad Al-Bajuri Al-Manufi Al-Mishri.


Sebenarnya, kitab ini merupakan sebuah hasyiyah atau catatan pinggir dari kitab Fathul Qarib karangan Ibnu Qosim Al-Ghozzi (w.918 H). Namun keluasan pembahasannya membuat kitab ini seakan-akan menjadi syarah dari kitab tersebut. Sedangkan kitab Fathul Qarib sendiri juga merupakan syarah dari kitab Taqrib atau Ghayat al-Ikhtishar.


Keistimewaan kitab yang dikarang oleh Ibrahim al-Bajuri adalah bahasanya enak, indah dan mudah dicerna. hal ini membuat kitab ini unggul dan lebih populer di kalangan muslimin dibandingkan kitab-kitab hasyiyah yang lain.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Guests

bottom of page